artikel

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama yang perlu kamu ketahui!

Perbedaan Klinik Pratama dan Utama

Yuhuu! Pada blog kali ini, kita akan bahas Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama, ternyata masih banyak yang belum mengetahui tentang perbedaan antara jenis Klinik ini ya, mari kita bahas!

Pengertian Klinik

 

Sebelum kita bahas perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama, yuk kita bahas dulu apa itu pengertian Klinik. Berdasarkan Permenkes RI No.9, 2014, Klinik adalah fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan medis, mulai dari kebutuhan medis dasar atau medis spesial sesuai dengan tenaga kesehatan yang dimiliki. Klinik juga menyediakan lebih dari satu jenis tenaga Kesehatan (Perawat, Bidan) dan dipimpin oleh Dokter. Dokter yang dimaksud adalah dokter umum, dokter gigi atau dokter spesialis dan dokter spesialis gigi.

https://www.traditionrolex.com/31

Pada zaman modern saat ini, Kelola manajemen klinik tidak perlu untuk ribet lagi lho! Sudah banyak software aplikasi klinik untuk membantu melakukan manajemen aktivitas klinik. Contohnya kami, MyKlinik! Dengan MyKlinik, Kelola Klinik #JadiLebihMudah loh! Semua fitur – fitur MyKlinik terintegrasi satu sama lain, dari fitur pendaftaran hingga fitur keuangan. Eits, untuk lebih lengkap mengenai MyKlinik bisa klik link ini ya! Kita balik lagi bahas perbedaan Klinik Prama dan Utama yuk!

Perbedaan Klinik Pratama dan Utama

Di awal kita sudah bahas apa itu pengertian Klinik, sekarang kita bahas Perbedaan Klinik Pratama dan Utama ada dimana yuk! Kedua jenis klinik ini bisa dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah ataupun perorangan loh.

  1. Klinik Pratama
    Klinik Pratama adalah jenis klinik yang menyediakan pelayanan medis dasar, dipimpin oleh dokter umum atau dokter gigi. Klinik Pratama ini dapat dimiliki oleh badan usaha ataupun perorangan ya guys!
  2. Klinik Utama
    Klinik Utama adalah jenis klinik  yang menyediakan pelayanan medis spesialis dan juga menyediakan pelayanan medis dasar, Klinik Utama juga dipimpin oleh dokter spesialis atau dokter gigi spesialis. Klinik Utama ini hanya dapat dimiliki oleh badan usaha berupa CV maupun PT ya guys!

Kesimpulan Perbedaan Klinik Pratama dan Utama

Jadi dari penjelasan perbedaan antara Klinik Pratama dan Utama bisa kita tarik kesimpulan yaitu pembedanya ada di:

  1. Pelayanan
  2. Pimpinan
  3. Badan Usaha

Pelayanan pada Klinik Pratama hanya menyediakan untuk pelayanan medis biasa, sedangkan pada Klinik Utama menyediakan pelayanan medis spesialis hingga pelayanan medis biasa. Selain pada Pelayanan, juga terdapat perbedaan Pimpinan pada kedua jenis Klinik ini, pada Klinik Pratama dipimpin oleh dokter umum atau dokter gigi, sedangkan pada Klinik Utama dipimpin oleh dokter spesialis atau dokter spesialis gigi. Pada perbedaan terakhir ada di Badan Usaha kepemilikan Klinik, untuk Klinik Pratama boleh dimiliki oleh badan usaha dan perorangan sedangkan untuk Klinik Utama boleh dimiliki oleh  CV ataupun PT.

Untuk membantu owner, dokter, perawat, hingga staff dalam Kelola manajemen klinik, kami, MyKlinik memiliki produk Software Aplikasi Klinik yang cocok untuk Klinik Pratama, Klinik Utama, Puskesmas, Praktek Mandiri seperti Dokter atau Bidan dalam menangani pasien Asuransi Swasta, BPJS hingga pasien umum. Dapat dicoba 14 hari gratis tanpa ada biaya apapun loh! Keunggulan MyKlinik yang dapat kamu dapatkan yaitu:

  1. Cek kegiatan klinik darimana saja!
  2. Reservasi Online untuk pasien dari rumah loh!
  3. Mudahnya membuat laporan hasil kegiatan manajemen Klinik
  4. Fitur lengkap harga istimewa!
  5. Harga Ramah Services Berlimpah!
  6. Semua fitur terintegrasi dan Bridging BPJS juga!

Informasi lebih lanjut mengenai MyKlinik bisa hubungi kami di:

Butuh Aplikasi Klinik Siap
Rekam Medis Elektronik?

.