Artikel
prayudi - 25 oktober 2022

Manfaat Rekam Medis Elektronik di Klinik

Manfaat Rekam Medis Elektronik

Tentang Rekam Medis Elektronik

Bagi fasilitas pelayanan kesehatan, Rekam Medis pasien menjadi suatu keharusan karena tenaga medis dapat melihat informasi riwayat kesehatan pasien. Tujuan melihat riwayat tersebut adalah sebagai dasar analisa penyakit pasien yang dapat digunakan untuk merencanakan pengobatan serta tindakan medis apa yang harus diberikan. Rekam Medis tersebut juga berguna sebagai pencatatan tindakan medis apa saja yang pernah diberikan kepada pasien di klinik tersebut.

Sebelum adanya Rekam Medis dalam bentuk elektronik, riwayat Rekam Medis pasien di klinik-klinik masih menggunakan pencatatan manual yang disimpan dalam map yang berisi dokumentasi catatan pasien dalam bentuk lembaran. Semakin banyak pasien yang berkunjung ke klinik, otomatis pencatatan Rekam Medis pasien semakin berlipat ganda. Klinik harus membutuhkan tempat penyimpanan khusus untuk Rekam Medis pasien. Semakin besar klinik, akan semakin besar kebutuhan klinik untuk ruangan yang digunakan menyimpan Rekam Medis tersebut.

Bayangkan apabila setiap hari ada puluhan sampai ratusan pasien yang berkunjung ke klinik, sementara Rekam Medis pasien masih dalam bentuk dokumentasi fisik. Butuh waktu lama untuk mencari data riwayat pasien yang diinginkan. Belum lagi apabila data tersebut hilang atau tercecer sehingga data riwayat pasien tidak lengkap. Kesimpulannya, manajemen Rekam Medis yang buruk akan membuat pelayanan klinik akan kurang optimal.

Rekam Medis mulai beralih menjadi Rekam Medis Elektronik dengan diterbitkannya Permenkes (PMK) No. 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Melalui kebijakan ini, fasilitas pelayanan kesehatan diwajibkan menjalankan sistem Riwayat Medis Elektronik. Proses transisi dilakukan sampai paling lambat 31 Desember 2023.

Apa saja manfaat Rekam Medis Elektronik bagi klinik?

  1. Bagi pihak manajemen klinik, pengelolaan klinik akan lebih terorganisir dengan adanya Rekam Medis Elektronik. Riwayat pasien terdokumentasi dengan rapi dan aman dalam bentuk digital. Akses untuk mencari dan menemukan riwayat pasien jauh lebih mudah.
  2. Dari segi keamanan, Rekam Medis Elektronik tidak mudah hilang atau rusak, berbeda halnya dengan Rekam Medis dalam bentuk fisik. Terkadang ada saja dokumen pasien yang hilang dan tidak bisa ditemukan kembali sehingga catatan data Rekam Medis pasien tidak lengkap.
  3. Pelayanan klinik juga akan semakin cepat dan efisien. Mencari Rekam Medis pasien tidak lagi sesulit mencari dokumen fisik riwayat pasien. Dengan Rekam Medis Elektronik, mencari data pasien cukup dengan mengetik nama pasien dan akan muncul riwayat Rekam Medis pasien tersebut.

Dengan berbagai manfaat dan adanya kebutuhan Rekam Medis dalam bentuk Elektronik, klinik membutuhkan sistem klinik yang mudah digunakan dengan fitur lengkap. Aplikasi MyKlinik dengan berbagai kemudahan seperti tampilan yang user friendly dan fitur lengkap saat ini sudah menyediakan fitur khusus untuk Rekam Medis Elektronik.

MyKlinik - Software Aplikasi Klinik

MyKlinik adalah produk Software Aplikasi Klinik yang cocok untuk Klinik Pratama, Klinik Utama, Puskesmas, Praktek Mandiri seperti Dokter atau Bidan dalam menangani pasien Asuransi Swasta, BPJS hingga pasien umum. Dapat dicoba 14 hari gratis tanpa ada biaya apapun loh! Keunggulan MyKlinik yang dapat kamu dapatkan yaitu:

  1. Cek kegiatan klinik darimana saja!
  2. Reservasi Online untuk pasien dari rumah loh!
  3. Mudahnya membuat laporan hasil kegiatan manajemen Klinik
  4. Rekam Medis Elektronik yang sesuai dengan Permenkes!
  5. Fitur lengkap harga istimewa!
  6. Harga Ramah Services Berlimpah!
  7. Semua fitur terintegrasi dan Bridging BPJS juga!

Informasi lebih lanjut mengenai MyKlinik bisa hubungi kami di:

.