Artikel
PRAYUDI - 25 MEI 2023

Manfaat Aplikasi Satu Sehat Untuk Faskes dan Pasien

Manfaat aplikasi satu sehat untuk faskes dan pasien yang harus disediakan oleh faskes

Aplikasi Peduli Lindungi saat ini sudah bertransformasi menjadi Satu Sehat, aplikasi kesehatan yang terintegrasi dengan data rekam medis elektronik dari aplikasi klinik dan fasilitas kesehatan lainnya. Apa saja manfaatnya dari aplikasi Satu Sehat tersebut?

Dengan diluncurkannya aplikasi Satu Sehat oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin per Maret 2023, Satu Sehat menggantikan aplikasi Peduli Lindungi yang sudah ada semenjak masa pandemi COVID-19. Namun perbedaannya, Satu Sehat lebih lengkap baik dari fitur maupun fungsinya dari aplikasi Peduli Lindungi.

Aplikasi peduli lindungi transofrmasi menjadi satu sehat pada tahun 2023

Seluruh informasi dari fasilitas kesehatan dapat diakses cukup dengan satu platform saja, yaitu Satu Sehat. Jadi syarat utamanya agar dapat terintegrasi dengan Satu Sehat, klinik, puskesmas maupun apotek harus menggunakan aplikasi klinik dan aplikasi apotek yang sudah terdaftar dalam aplikasi Satu Sehat. Dengan aplikasi Satu Sehat, pasien lebih mudah untuk berkonsultasi ke dokter di fasilitas kesehatan yang berbeda atau berpindah-pindah fasilitas kesehatan. Pasien tidak perlu juga membawa dokumen rekam medis karena rekam medis sudah didigitalisasikan dan diintegrasikan ke Satu Sehat.

Aplikasi Satu Sehat juga memudahkan dokter dan tenaga medis yang menangani pasien. Tenaga medis tidak perlu memasukkan data rekam medis pasien berulang kali di aplikasi yang berbeda. Karena Satu Sehat sudah terintegrasi dengan aplikasi klinik yang terhubung ke Satu Sehat. Informasi yang berhubungan dengan kesehatan, seperti rekam medis elektronik, riwayat tindakan pasien dan resep obat-obatan dapat diakses oleh pasien dengan mudah di Satu Sehat.

Agar fasilitas kesehatan seperti klinik dapat terintegrasi dengan Satu Sehat, klinik harus memiliki aplikasi klinik atau aplikasi apotek yang sudah terdaftar di Satu Sehat. Dengan demikian, rekam medis elektronik pasien yang ada di klinik tersebut akan dapat diakses melalui platform Satu Sehat.

MyKlinik adalah aplikasi klinik terbaik dengan fitur rekam medis elektronik saat ini sudah terdaftar di Satu Sehat. Klinik dapat mendaftarkan diri ke Satu Sehat dengan memilih MyKlinik sebagai penyedia rekam medis elektronik (RME). Dengan MyKlinik, klinik tidak hanya dapat mengintegrasikan data rekam medis pasien, tetapi juga mendapatkan banyak kemudahan serta fitur-fitur lainnya yang ada di MyKlinik.

MyKlinik software aplikasi klinik bridging pcare dan antrean online bpjs dapat digunakan untuk rekam medis elektronik

Butuh Aplikasi Klinik Siap
Rekam Medis Elektronik?

.